Keunikan Tentang Kota Yogyakarta

Sponsored Link
Ads[300x250]
Wisata Malioboro Jogja

Keunikan Tentang Kota Yogyakarta


WIsata Tugu Jogja

1. Kota Jogja memiliki nama lain terbanyak. Nama-nama itu adalah Jogja, Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat, Yoja/Yojo.

2. Satu-satunya nama kota yg dapat dipotong/ dipenggal: Yogyakarta > Yogya dan juga Jogjakarta > Jogja.

3. Kota dgn sebutan terbanyak di Indonesia, Seperti: Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Seniman, Kota Bakpia, dan masih banyak lagi.

4. Kota Jogja prnh menjadi ibu kota Indonesia sebelum dipindahkan lagi ke Jakarta.
Antara awal tahun 1946 hingga akhir tahun1949 ibu kota Indonesia dipindah ke Yogyakarta kemudian dipindah kembali ke Jakarta.

Tugu Jogja

5. Banyak tokoh-tokoh besar Indonesia lahir di kota ini, Jogja. Beberapa tokoh yg lahir di Yogyakarta: Presiden Soeharto, Presiden Megawati, Mantan Ketua MPR Amien Rais, Hidayat N Wahid, Wapres Boediono, Pelukis Affandi, Anies Baswedan, dan masih byk lagi.

6. Tempat kelahiran organisasi Islam trbsar di Indonesia, Muhammadiyah. Kota Jogja juga tempat kelahiran Taman Siswa.

7. Tugu jogja adalah salah satu landmark Jogja, padahal bentuk aslinya bukan seperti itu. Tugu asli itu bernama tugu Golo Gilig, yang rusak karena gempa kemudian direnovasi menjadi seperti bentuk sekarang.

Wisata Kota Yogyakarta

8. Nama kota ini dibuat lagu yg sama dengan nama kota ini "Yogyakarta" yg di populerkan oleh Kla Project.

9. Pembangunan Kraton kesultanan Yogyakarta dan Tugu Jogja dibangun lurus dgn pantai selatan Jawa dan Gunung Merapi, seakan terdapat garis imaginer yang menghubungkannya (Gunung Merapi - Tugu Jogja - Kraton Yogya - Pantai Selatan)

10. Salah satu sungai (Code) yg membelah kota Yogja di buat film yg berjudul JAGAD X CODE, dibaca Jagad Kali Code.

Kali Code Yogyakarta

11. Walaupun ibukota di Jakarta di kota ini terdapat istana presiden tepatnya di Jalan Ahmad Yani Yogyakarta.

12. Selokan Mataram, Selokan mataram adalah sebuah saluran air yg dibangun pada masa pendudukan Jepang. Saluran air ini menghubungkan antara Sungai Opak dgn Kali Progo. Menurut legenda, Sunan Kalijaga pernah berkata bahwa apa bila Sungai Opak dan Kali Progo digabungkan maka rakyat Jogja akan makmur. Selokan mataram digunakan oleh rakyat Jogja untuk mengairi lahan pertanian di daerah Jogja sehingga saat musim kemarau rakyat Jogja masih bisa bercocok tanam.

13. Dagadu merupakan salah satu merk dagang yg terkenal di Jogja. Dibelakang kata Dagadu terdapat kata Djokdja yg digunakan agar merk tersebut khas dgn Jogja. Pemilihan ejaan lama Djokdja digunakan untuk menambahkan nilai historis Yogyakarta.

Keunikan Yogyakarta

14. Provinsi Yogyakarta menggunakan sistem kerajaan, Gubernur Yogyakarta tdk dipilih melalui pemilu oleh rakyat tetapi berdasarkan urutan silsilah keluarga dari kraton Yogyakarta.

15. Di Kulon Progo terdapat jembatan yg tdk mempunyai pilar ditengahnya. Jembatan model tersebut hanya terdapat 2 buah di dunia. Jembatan sepanjang 96 meter ini mulai beroperasi sejak tahun 1957 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini.

16. Jogja memiliki even yaitu Jogja Java Carnival, carnival malam hari di sepanjang Jalan Malioboro hingga Alun-alun Kraton Jogja. Biasanya even ini diadakan bulan oktober.

Tamansari Yogyakarta

17. Dilihat dari satelit ternyata Pantai Parang Kusumo, Kraton Yogyakarta, Tugu, dan Gunung Merapi berada dalam satu garis lurus. Filosofinya bahwa tugu merupakan simbol "manunggaling kawulo gusti" yg berarti bersatunya antara rakyat dengan penguasa. Merapi dan pantai merupakan titik api dan air. Kraton yang dibangun ditengah merapi dan pantai merupakan titik keseimbangan antara keduanya. Kraton merupakan titik keseimbangan vertikal dan horizontal. Keseimbangan horizontal dilambangkan oleh laut selatan yang menggambarkan hubungan antara manusia dan manusia. Sedangkan keseimbangan vertikal dilambangkan oleh gunung merapi yg menggambarkan hubungan manusia dengan sang pencipta.
Ads[300x250]