Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph

Sponsored Link
Ads[300x250]
Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph

Cinemagraph adalah tentang bagaimana membuat foto diam menjadi bergerak dan membuatnya lebih hidup. Cinemagraph menggunakan format file gambar GIF. Format file gambar GIF sebenarnya telah lama digunakan sejak masa awal perkembangan internet, namun dalam cinemagraph animasi GIF yang terkadang membosankan dapat dikemas menarik dengan menggabungkan unsur artistik dalam fotografi dan videografi. Kayak apatar kaskus juga kebanyakan pakai GIF kan??

Dalam cinemagraph animasi GIF yang dibuat sedikit berbeda dengan animasi pada umumnya. Hanya bagian tertentu dalam gambar yang bergerak sedangkan objek lainnya diam. Cinemagraph dapat dikatakan sedikit diatas foto dan sedikit dibawah video. Maksudnya??  Liat aja pic dibawah.

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_1

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_2

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_3

Banyak dari gerakan dari karya Cinemagraph terlihat sangat halus dan bahkan agan mungkin tidak menyadari pada awalnya. Gerakan yang semakin besar akan terlibat seperti video, namun gerakan halus tersebut yang membuat foto tersebut terlihat sangat menarik.

Saat ini banyak yang menggunakan cinemagraph dengan menggabungkan unsur fotografi fashion, landscape, portrait dsb, membuatnya menjadi lebih menarik. Misalnya, cinemagraph yang dipopulerkan oleh fotografer agan Jamie Beck dan desainer agan Kevin Burg dikenal dengan keunikannya menggabungkan fashion dalam karyanya.

Agan Jamie Beck dikenal sebagai salah satu pelopor yang berhasil menggabungkan fotografi fashion dalam sebuah animasi GIF yang menawan. Istilah cinemagraph ini dapat dikatakan merupakan istilah yang digunakan dan dipopulerkan oleh Agan Jamie Beck. Agan dapat melihat koleksi mengagumkan cinemagraph yang dibuat oleh Agan Jamie Beck di cinemagraphs.com.

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_4

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_5

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_6

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_7

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_9

Membuat Cinemagraph:

Saat ini untuk membuat cinemagraph yang sederhana dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Aplikasi yang mendukung pun juga banyak tersedia baik untuk PC atau perangkat mobile. Untuk PC biasanya membuat cinemagraph dilakukan dengan Photoshop, pada perangkat iOS terdapat beberapa aplikasi seperti Cinemagr.Am, Flixel, Echograph, Kinotopic, iCinegraph. Untuk perangkat Android dapat menggunakan aplikasi Fotodanz atau Pictoreo. Sedangkan bagi pengguna Nokia Windows Phone dapat menggunakan Nokia Cinemagraph.

Video Tutorial Membuat Cinemagraph Menggunakan Photoshop:
http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=l-FSGnfbi5s


Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_10


Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_11

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_12

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_13

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_14

Mengenal Cinemagraph dan Tutorial Cara Membuat Cinemagraph_15


Cinemagraph dapat dikatakan sebuah hal yang baru, menggabungkan unsur fotografi (visual) dan video (gerak) yang memberikan ruang kreatif lebih luas. Meskipun masih baru, namun cinemagraph telah banyak menarik banyak perhatian terutama bagi kalangan fotografi. Agan ada yang udah bikin?? Bisa dishare dimari. 
Ads[300x250]